Contoh Soal Dan Tanggapan Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Pilihan Ganda) Part-2
Melanjutkan goresan pena Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Pilihan Ganda) kepingan pertama (soal nomor 1-15). Bagian kedua PG B. Indonesia berisikan bahan yang sama dengan soal essay kepingan kedua, yaitu perihal mendengarkan informasi melalui tuturan tidak langsung, menunjukkan persetujuan atau dukungan terhadap artikel dan membaca memindai tabel atau grafik....
Okee..berikut referensi soal B. Indonesia kelas 10 semester dua beserta jawabannya, dimulai dari soal nomor 16.
(Grafik untuk soal nomor 16 dan 17)
16. Pernyataan berikut yang sesuai dengan grafik di atas yaitu ....
a. Jumlah angkatan kerja yang final SD lebih tinggi dari pada tidak final SD.
b. Persentase angkatan kerja dari akademi tinggi tidak mencapai 10%.
b. Angkatan kerja yang final Sekolah Menengah Pertama mencapai 10%.
d. Jumlah angkatan kerja dari yang tidak sekolah meduduki peringkat paling tinggi.
e. Persentase angkatan kerja dari yang tidak final SD lebih rendah dari yang final SD.
Jawaban: c
17. Persentase angkatan kerja final Sekolah Menengan Atas mencapai .... %
a. 5
b. 10
c. 14
d. 15
e. 16
Jawaban: c
18. “Adanya pendidikan nonformal merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi mereka yang belum sempat mengenyam pendidikan formal. Dengan kata lain, pendidikan nonformal yaitu salah satu pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia. Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi institusi pendidikan ataupun dunia industri di Solo untuk membedakan lulusan Kejar Paket,” ujar Kelik kepada wartawan di ruang kerjanya pekan lalu.
Hal berikut yang bukan merupakan isi dari paragraf di atas yaitu ....
a. Pendidikan nonformal untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi mereka yang belum sempat mengenyam pendidikan formal.
b. Pendidikan nonformal yaitu salah satu pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia.
c. Institusi pendidikan ataupun dunia industri di Solo dimohon untuk tidak membedakan lulusan Kejar Paket.
d. Kelik menghimbau untuk tidak membedakan lulusan Kejar Paket dengan lulusan pendidikan lainnya.
e. Pendidikan nonformal satu-satunya pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia.
Jawaban: e
19. Kepala Subdinas (Kasubdin) Pendidikan Masyarakat Pemuda dan Olahraga (PMPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Drs. Kelik Isnawan mengungkap, jangan hingga ada anggapan jikalau kualitas lulusan Kejar Paket yang notabene kepingan dari pendidikan nonformal lebih rendah daripada lulusan pendidikan formal.
Unsur-unsur yang terdapat dalam info di atas yaitu ....
a. siapa dan apa
b. kapan dan dimana
c. mengapa dan bagaimana
d. mengapa dan di mana
e. kapan dan mengapa
Jawaban: a
20. Lembaga pendidikan yang setara dengan Sekolah Menengah Pertama yaitu ....
a. kejar paket A
c. kejar paket B
d. kejar paket C
d. sekolah penyetaraan A
e. sekolah penyetaraan B
Jawaban: b
21. Putusan MK yang memerintahkan pemerintah menambah anggaran pendidikan di APBN pribadi disambut besar hati Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Meraka untuk merealisasikan seluruh aktivitas pendidikan, mulai BOS (bantuan oprasional sekolah) hingga rehabilitasi gedung sekolah.
Sekretaris Jenderal Depdiknas, Prof. Dr. Ir. Dodi Nandika mengatakan, putusan MK itu sangat bakir sebab sudah mengikuti sejumlah pertimbangan yang matang. “Saya sempat mengikuti beberapa kali sidang MK. Putusan yang disampaikan MK sudah melalui pertimbangan dan harus kita cermati,” papar Dodi dikala dihubungi Jawa Pos tadi malam.
Hal berikut yang bukan merupakan isi dari wacana di atas yaitu ....
a. MK memerintahkan pemerintah untuk menambah anggaran pendidikan di APBN.
b. Putusan MK yang memerintahkan pemerintah menambah anggaran pendidikan di APBN disambut besar hati Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).
c. Depdiknas akan memakai alokasi dana itu untuk merealisasikan seluruh aktivitas pendidikan, mulai dari santunan oprasional sekolah hingga rehabilitasi gedung sekolah.
d. Prof. Dr. Ir. Dodi Nandika sempat mengikuti beberapa kali sidang MK.
e. Putusan yang disampaikan MK harus dipertimbangkan lagi.
Jawaban: e
22. Membaca sesuatu dengan cara melihat dengan cermat atas sesuatu yang dibaca disebut membaca....
a. indah
b. intensif
c. dalam hati
d. bersuara
e. memindai
Jawaban: e
23. Gamelan Terpengaruh Musik Eropa
Adjunt Profesor Musik Departemen Wesleyan University USA, Prof. Dr. Sumarsam mengatakan, di Amerika ada radio yang menyiarkan gending-gending Jawa. Juga ada akademi tinggi yang menunjukkan mata kuliah gamelan. Namun, mata kuliah gamelan hanya mata kuliah pilihan. Umumnya mata kuliah tingkat S1 sifatnya umum. Dikatakan Prof. Dr. Sumarsam, akademi tinggi disana juga memiliki keterbatasan. Jadi, ia sepakat kalau ada yang menyatakan suatu dikala sanggup terjadi orang Jawa berguru gamelan di Amerika. “Mereka hanya untuk mengungkapkan bahwa di AS gamelan menerima perhatian, sementara di Jawa sendiri ibarat tersisih,” kata Sumarsam di sentra kebudayaan UGM.
Menurut Sumarsam, sudah semenjak kurun ke-19 musik gamelan terpengaruh musik Eropa. Waktu itu lagu kebangsaan Belanda “Wihelmus” diiringi gamelan untuk mengiringi miyos-nya raja dan keluarganya di hadapan umum. Sejak itu, musik Eropa masuk keraton.
Berikut yang bukan merupakan pokok-pokok isi dalam teks info tersebut yaitu ....
a. Gending-gending Jawa telah usang dipelajari di Amerika.
b. Gending-gending Jawa kurang menerima perhatian di Jawa.
c. Gending-gending Jawa terpengaruh musik Eropa.
d. Gending-gending Jawa akan menerima perhatian di Jawa.
e. Gending-gending Jawa disukai anak sampaumur di Amerika.
Jawaban: d
24. Pernyataan yang salah perihal penyajian data melalui tabel atau grafik yaitu ....
a. Data yang disajikan dalam bentuk tabel sanggup menarik perhatian pembaca.
b. Data jumlah siswa, jumlah lulusan, kependudukan, dan sejenisnya lebih gampang dilihat secara visual jikalau dinyatakan dalam bentuk angka-angka.
c. Table menyajikan data yang diklasifikasikan secara sistematis berdasarkan kesatuan tertentu.
d. Dari tabel kita mengetahui secara panjang lebar uraian data atau sesuatu.
e. Dari judul tabel kita sanggup mengetahui mengenai apa, di mana, dan bagaimana perkembangan sesuatu.
Jawaban: d
25. Saya pulang sekolah. Waktu itu cuaca cerah. Dalam perjalanan aku melihat jalan-jalan dan pohon-pohon lembap semua. Pekarangan pun tampak becek. Bahkan di sana-sini air kecokelatan tampak menggenang.
Dari paragraf di atas sanggup disimpulkan bahwa ....
a. air kali meluap
b. tadi turun hujan
c. ada bendungan jebol
d. banyak orang berteduh
e. orang buang sampah di selokan
Jawaban: b
26. Sebagai kawasan hidup, maritim memiliki kelebihan dibandingkan darat. Kelebihan-kelebihan laut, antara lain suhu yang berubah-ubah, dukungan yang banyak untuk melawan gravitasi bumi, dan air yang cukup tersedia. Dengan air yang cukup tersebut, makhluk hidup di maritim sanggup menyerap air pribadi masuk ke sistem tubuh. Makhluk hidup di maritim sanggup memperoleh oksigen dan karbon.
Paragraf di atas memakai pola pengembang ....
a. deduksi
b. induksi
c. deskripsi
d. narasi
e. silogisme
Jawaban: c
27. Di belakang bukit sebelah selatan, padang ilalang terbentang luas. Ketika itu bunga-bunga sudah bermunculan. Putik tipis terumbai-umbai bergerak ditiup angin, ibarat busa air kali yang deras.
Jika ditinjau dari cara pemaparannya, paragraf di atas merupakan karangan ....
a. narasi
b. deskripsi
c. argumentasi
d. persuasi
e. eksposisi
Jawaban: b
28. (1) Polisi kemudian lintas sibuk mengatur kemacetan kemudian lintas.
(2) Di jalan samping, empat orang siswa berkendara menyerempet kendaraan beroda empat hingga pingsan dan luka-luka.
(3) Korban diangkut ke rumah sakit.
(4) Keluarga korban bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
(5) Untung tidak menjadikan cedera bagi si korban.
Susunan paragraf yang baik dari kalimat-kalimat di atas yaitu ....
a. (2)-(5)-(3)-(1)-(4)
b. (2)-(3)-(4)-(1)-(5)
c. (1)-(2)-(5)-(3)-(4)
d. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
e. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)
Jawaban: c
(Paragraf untuk soal nomor 29 dan 30)
Lomba Karya Cipta dan Baca Puisi Tingkat Pelajar SMA/SMK wilayah eks Keresidenan Pekalongan dimaksudkan untuk menunjukkan wadah kreativitas bagi para siswa Sekolah Menengan Atas dalam berkarya puisi. Selama ini, sebagian besar lomba yang ada hanyalah pembacaan puisi. Oleh sebab itu, supaya para siswa juga sanggup menyalurkan karya puisi mereka, lomba karya cipta puisi itu diselenggarakan.
29. Berdasarkan letak gagasan pokoknya, paragraf di atas di sebut paragraf ....
a. deduktif
b. induktif
c. campuran
d. naratif
e. deskripsi
Jawaban: c
30. Paragraf di atas membahas perihal ....
a. manfaat lomba
b. maksud lomba
c. rencana lomba
d. juara terbaik
e. penerima lomba
Jawaban: b
Lanjut ke soal nomor 31-45 => Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Pilihan Ganda) Part-3
Okee..berikut referensi soal B. Indonesia kelas 10 semester dua beserta jawabannya, dimulai dari soal nomor 16.
(Grafik untuk soal nomor 16 dan 17)
16. Pernyataan berikut yang sesuai dengan grafik di atas yaitu ....
a. Jumlah angkatan kerja yang final SD lebih tinggi dari pada tidak final SD.
b. Persentase angkatan kerja dari akademi tinggi tidak mencapai 10%.
b. Angkatan kerja yang final Sekolah Menengah Pertama mencapai 10%.
d. Jumlah angkatan kerja dari yang tidak sekolah meduduki peringkat paling tinggi.
e. Persentase angkatan kerja dari yang tidak final SD lebih rendah dari yang final SD.
Jawaban: c
17. Persentase angkatan kerja final Sekolah Menengan Atas mencapai .... %
a. 5
b. 10
c. 14
d. 15
e. 16
Jawaban: c
18. “Adanya pendidikan nonformal merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi mereka yang belum sempat mengenyam pendidikan formal. Dengan kata lain, pendidikan nonformal yaitu salah satu pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia. Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi institusi pendidikan ataupun dunia industri di Solo untuk membedakan lulusan Kejar Paket,” ujar Kelik kepada wartawan di ruang kerjanya pekan lalu.
Hal berikut yang bukan merupakan isi dari paragraf di atas yaitu ....
a. Pendidikan nonformal untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi mereka yang belum sempat mengenyam pendidikan formal.
b. Pendidikan nonformal yaitu salah satu pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia.
c. Institusi pendidikan ataupun dunia industri di Solo dimohon untuk tidak membedakan lulusan Kejar Paket.
d. Kelik menghimbau untuk tidak membedakan lulusan Kejar Paket dengan lulusan pendidikan lainnya.
e. Pendidikan nonformal satu-satunya pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia.
Jawaban: e
19. Kepala Subdinas (Kasubdin) Pendidikan Masyarakat Pemuda dan Olahraga (PMPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Drs. Kelik Isnawan mengungkap, jangan hingga ada anggapan jikalau kualitas lulusan Kejar Paket yang notabene kepingan dari pendidikan nonformal lebih rendah daripada lulusan pendidikan formal.
Unsur-unsur yang terdapat dalam info di atas yaitu ....
a. siapa dan apa
b. kapan dan dimana
c. mengapa dan bagaimana
d. mengapa dan di mana
e. kapan dan mengapa
Jawaban: a
20. Lembaga pendidikan yang setara dengan Sekolah Menengah Pertama yaitu ....
a. kejar paket A
c. kejar paket B
d. kejar paket C
d. sekolah penyetaraan A
e. sekolah penyetaraan B
Jawaban: b
21. Putusan MK yang memerintahkan pemerintah menambah anggaran pendidikan di APBN pribadi disambut besar hati Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Meraka untuk merealisasikan seluruh aktivitas pendidikan, mulai BOS (bantuan oprasional sekolah) hingga rehabilitasi gedung sekolah.
Sekretaris Jenderal Depdiknas, Prof. Dr. Ir. Dodi Nandika mengatakan, putusan MK itu sangat bakir sebab sudah mengikuti sejumlah pertimbangan yang matang. “Saya sempat mengikuti beberapa kali sidang MK. Putusan yang disampaikan MK sudah melalui pertimbangan dan harus kita cermati,” papar Dodi dikala dihubungi Jawa Pos tadi malam.
Hal berikut yang bukan merupakan isi dari wacana di atas yaitu ....
a. MK memerintahkan pemerintah untuk menambah anggaran pendidikan di APBN.
b. Putusan MK yang memerintahkan pemerintah menambah anggaran pendidikan di APBN disambut besar hati Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).
c. Depdiknas akan memakai alokasi dana itu untuk merealisasikan seluruh aktivitas pendidikan, mulai dari santunan oprasional sekolah hingga rehabilitasi gedung sekolah.
d. Prof. Dr. Ir. Dodi Nandika sempat mengikuti beberapa kali sidang MK.
e. Putusan yang disampaikan MK harus dipertimbangkan lagi.
Jawaban: e
22. Membaca sesuatu dengan cara melihat dengan cermat atas sesuatu yang dibaca disebut membaca....
a. indah
b. intensif
c. dalam hati
d. bersuara
e. memindai
Jawaban: e
23. Gamelan Terpengaruh Musik Eropa
Adjunt Profesor Musik Departemen Wesleyan University USA, Prof. Dr. Sumarsam mengatakan, di Amerika ada radio yang menyiarkan gending-gending Jawa. Juga ada akademi tinggi yang menunjukkan mata kuliah gamelan. Namun, mata kuliah gamelan hanya mata kuliah pilihan. Umumnya mata kuliah tingkat S1 sifatnya umum. Dikatakan Prof. Dr. Sumarsam, akademi tinggi disana juga memiliki keterbatasan. Jadi, ia sepakat kalau ada yang menyatakan suatu dikala sanggup terjadi orang Jawa berguru gamelan di Amerika. “Mereka hanya untuk mengungkapkan bahwa di AS gamelan menerima perhatian, sementara di Jawa sendiri ibarat tersisih,” kata Sumarsam di sentra kebudayaan UGM.
Menurut Sumarsam, sudah semenjak kurun ke-19 musik gamelan terpengaruh musik Eropa. Waktu itu lagu kebangsaan Belanda “Wihelmus” diiringi gamelan untuk mengiringi miyos-nya raja dan keluarganya di hadapan umum. Sejak itu, musik Eropa masuk keraton.
Berikut yang bukan merupakan pokok-pokok isi dalam teks info tersebut yaitu ....
a. Gending-gending Jawa telah usang dipelajari di Amerika.
b. Gending-gending Jawa kurang menerima perhatian di Jawa.
c. Gending-gending Jawa terpengaruh musik Eropa.
d. Gending-gending Jawa akan menerima perhatian di Jawa.
e. Gending-gending Jawa disukai anak sampaumur di Amerika.
Jawaban: d
24. Pernyataan yang salah perihal penyajian data melalui tabel atau grafik yaitu ....
a. Data yang disajikan dalam bentuk tabel sanggup menarik perhatian pembaca.
b. Data jumlah siswa, jumlah lulusan, kependudukan, dan sejenisnya lebih gampang dilihat secara visual jikalau dinyatakan dalam bentuk angka-angka.
c. Table menyajikan data yang diklasifikasikan secara sistematis berdasarkan kesatuan tertentu.
d. Dari tabel kita mengetahui secara panjang lebar uraian data atau sesuatu.
e. Dari judul tabel kita sanggup mengetahui mengenai apa, di mana, dan bagaimana perkembangan sesuatu.
Jawaban: d
25. Saya pulang sekolah. Waktu itu cuaca cerah. Dalam perjalanan aku melihat jalan-jalan dan pohon-pohon lembap semua. Pekarangan pun tampak becek. Bahkan di sana-sini air kecokelatan tampak menggenang.
Dari paragraf di atas sanggup disimpulkan bahwa ....
a. air kali meluap
b. tadi turun hujan
c. ada bendungan jebol
d. banyak orang berteduh
e. orang buang sampah di selokan
Jawaban: b
26. Sebagai kawasan hidup, maritim memiliki kelebihan dibandingkan darat. Kelebihan-kelebihan laut, antara lain suhu yang berubah-ubah, dukungan yang banyak untuk melawan gravitasi bumi, dan air yang cukup tersedia. Dengan air yang cukup tersebut, makhluk hidup di maritim sanggup menyerap air pribadi masuk ke sistem tubuh. Makhluk hidup di maritim sanggup memperoleh oksigen dan karbon.
Paragraf di atas memakai pola pengembang ....
a. deduksi
b. induksi
c. deskripsi
d. narasi
e. silogisme
Jawaban: c
27. Di belakang bukit sebelah selatan, padang ilalang terbentang luas. Ketika itu bunga-bunga sudah bermunculan. Putik tipis terumbai-umbai bergerak ditiup angin, ibarat busa air kali yang deras.
Jika ditinjau dari cara pemaparannya, paragraf di atas merupakan karangan ....
a. narasi
b. deskripsi
c. argumentasi
d. persuasi
e. eksposisi
Jawaban: b
28. (1) Polisi kemudian lintas sibuk mengatur kemacetan kemudian lintas.
(2) Di jalan samping, empat orang siswa berkendara menyerempet kendaraan beroda empat hingga pingsan dan luka-luka.
(3) Korban diangkut ke rumah sakit.
(4) Keluarga korban bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
(5) Untung tidak menjadikan cedera bagi si korban.
Susunan paragraf yang baik dari kalimat-kalimat di atas yaitu ....
a. (2)-(5)-(3)-(1)-(4)
b. (2)-(3)-(4)-(1)-(5)
c. (1)-(2)-(5)-(3)-(4)
d. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
e. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)
Jawaban: c
(Paragraf untuk soal nomor 29 dan 30)
Lomba Karya Cipta dan Baca Puisi Tingkat Pelajar SMA/SMK wilayah eks Keresidenan Pekalongan dimaksudkan untuk menunjukkan wadah kreativitas bagi para siswa Sekolah Menengan Atas dalam berkarya puisi. Selama ini, sebagian besar lomba yang ada hanyalah pembacaan puisi. Oleh sebab itu, supaya para siswa juga sanggup menyalurkan karya puisi mereka, lomba karya cipta puisi itu diselenggarakan.
29. Berdasarkan letak gagasan pokoknya, paragraf di atas di sebut paragraf ....
a. deduktif
b. induktif
c. campuran
d. naratif
e. deskripsi
Jawaban: c
30. Paragraf di atas membahas perihal ....
a. manfaat lomba
b. maksud lomba
c. rencana lomba
d. juara terbaik
e. penerima lomba
Jawaban: b
Lanjut ke soal nomor 31-45 => Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Pilihan Ganda) Part-3
0 Response to "Contoh Soal Dan Tanggapan Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Pilihan Ganda) Part-2"
Post a Comment