Rangkuman Bahan Pelajaran Ipa Sd/Mi Kelas 3 Semester 1 Dan 2
Rangkuman atau ringkasan materi pelajaran IPA untuk SD kelas 3 lengkap yang terdiri dai semester 1 dan 2. Rangkuman materi IPA ini di ambil dari setiap BAB pada mata pelajaran IPA SD Kelas 3 menurut kurikulum KTSP 2006. Rangkuman atau ringkasan ini bertujuan untuk mempermudah mengingat kembali setiap materi yang di pelajari di sekolah dari setiap BAB nya.
Rangkuman Materi IPA Kelas 3 SD/MI - Dengan rangkuman ini diperlukan setiap siswa lebih ulet dan semangat mencar ilmu IPA. Berikut ringkasan materi IPA SD kelas 3 Selengkapnya.
BAB I Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Rangkuman Materi IPA Kelas 3 SD/MI - Dengan rangkuman ini diperlukan setiap siswa lebih ulet dan semangat mencar ilmu IPA. Berikut ringkasan materi IPA SD kelas 3 Selengkapnya.
BAB I Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup
- Makhluk hidup terdiri atas manusia, hewan, dan tumbuhan.
 - Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri antara lain: bergerak, tumbuh,berkembang biak, dan menanggapi rangsang.
 - Gerak pada makhluk hidup tidak sama. Hal ini tergantung cara dan kawasan hidupnya.
 - Manusia dan binatang sanggup bergerak berpindah tempat. Ini disebut gerak aktif.
 - Gerakan pada flora tidak menjadikan flora berpindah tempat. Ini disebut gerak pasif.
 - Makhluk hidup tumbuh artinya bertambah besar.
 - Makhluk hidup berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda.
 - Manusia berkembang biak dengan cara melahirkan.
 - Hewan berkembang biak dengan cara bertelur atau melahirkan.
 - Tumbuhan berkembang biak dengan cara alami (biji dan tunas), atau secara buatan (cangkok, setek, dan okulasi)
 - Tujuan makhluk hidup berkembang biak yaitu semoga sanggup melestarikan jenisnya.
 - Makhluk hidup sanggup menanggapi rangsang
 - Manusia dan binatang menanggapi rangsang dengan alat indera.
 - Tumbuhan menanggapi rangsangan cahaya matahari. Ada flora yang peka terhadap rangsangan sentuhan, contohnya flora putri malu.
 - Semua makhluk hidup mempunyai kebutuhan yang sama. Kebutuhan itu antara lain: air, makanan, udara, dan cahaya.
 - Hewan dan insan memerlukan air untuk minum. Tumbuhan memerlukan air untuk memasak makanan. Makanan itu digunakan sebagai tenaga.
 - Makanan insan berasal dari binatang dan tumbuhan.Makanan binatang ada yang berasal dari tumbuhan. Ada pula yang berasal dari binatang lain.
 - Makhluk hidup memerlukan udara untuk bernapas.
 - Tumbuhan banyak terdapat di sekitar kita. Ada flora berbunga dan ada yang tidak berbunga.
 - Bagian-bagian flora antara lain akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
 - Berdasarkan kawasan hidupnya, binatang dibedakan menjadi tiga kelompok. Yaitu binatang darat, binatang air, dan binatang yang sanggup hidup di darat dan di air.
 
- Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan.
 - Pertumbuhan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya tidak sama.
 - Pertumbuhan ditandai oleh perubahan tinggi, besar, dan berat.
 - Pertumbuhan yang sehat lantaran makan cukup dan teratur.
 - Kartu Menuju Sehat (KMS) berkhasiat untuk mengetahui tingkat pertumbuhan anak.
 - Agar bayi tumbuh sehat, perlu ASI, kuliner tambahan, imunisasi, dan penimbangan secara teratur.
 - Pertumbuhan tumbuhan juga memerlukan perawatan secara teratur.
 - Perawatan tumbuhan dengan cara penyiraman, pemupukan, dan pemberantasan hama.
 - Hewan memerlukan kuliner yang cukup dan teratur untuk pertumbuhan.
 
- Lingkungan yaitu segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup.
 - Lingkungan mensugesti kehidupan makhluk hidup yang tinggal.
 - Untuk kelangsungan hidupnya, makhluk hidup memerlukan lingkungan yang sehat.
 - Lingkungan yang sehat yaitu lingkungan di mana udara, air, dan keadaan tanahnya higienis (tidak tercemar).
 - Lingkungan yang tidak sehat yaitu lingkungan di mana udara, air, dan keadaan tanahnya telah tercemar.
 - Pencemaran udara disebabkan oleh:
 - buangan industri;
 - kendaraan bermotor;
 - bau yang tidak sedap.
 - Pencemaran air disebabkan oleh limbah industri dan rumah tangga. Limbah tersebut mengalir lewat selokan dan sungai.
 - Pencemaran tanah disebabkan oleh sampah plastik dan bahanbahan kimia yang lain.
 - Agar lingkungan yang sehat sanggup tercipta, maka kebersihan lingkungan harus tetap dijaga.
 
- Di sekitar kita terdapat benda padat, benda cair, dan benda gas.
 - Benda padat mempunyai bentuk dan ukuran yang tetap. Meskipun dipindahkan dari suatu kawasan ke kawasan yang lain.
 - Kekerasan dan kerapatan tiap-tiap benda padat tidak sama.
 - Benda cair mempunyai bentuk yang berubah-ubah. Bentuknya mengikuti bentuk wadahnya, namun isinya tetap.
 - Benda cair selalu mengalir dari kawasan yang tinggi ke kawasan yang rendah.
 - Air dan sirup merupakan benda cair. Air merupakan zat tunggal. Sedangkan sirup merupakan campuran.
 - Benda gas contohnya udara, dan asap kendaraan bermotor.
 - Benda gas selalu mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya.
 - Benda gas bentuk dan ukurannya (volumenya) selalu berubahubah
 
- Benda sanggup mengalami perubahan. Perubahan terjadi lantaran pemanasan, pendinginan, dibakar, dan dibiarkan di udara terbuka.
 - Perubahan benda berupa:
 - perubahan bentuk,
 - perubahan ukuran,
 - perubahan warna,
 - perubahan rasa, dan
 - perubahan wujud.
 - Akibat perubahan, keadaan benda berbeda dengan keadaan sebelumnya. Misalnya: Lilin semula padat, sehabis dipanaskan menjelma cair.
 
- Di sekitar kita terdapat banyak sekali macam benda. Benda-benda itu terbuat dari materi yang berbeda-beda.
 - Setiap benda mempunyai kegunaan yang berbeda-beda. 3. Kegunaan benda sesuai dengan materi pembuatnya.Misalnya:
 - kertas untuk kawasan menulis;
 - kulit binatang untuk menciptakan sepatu, tas, dan jaket.
 - Penggunaan benda yang tidak sesuai dengan peruntukannya, benda itu cepat rusak.
 
- Ada beberapa jenis gerak benda. Misalnya menggelinding, jatuh, melambung, memantul, dan berputar.
 - Gerak benda dipengaruhi beberapa faktor. Antara lain banyaknya energi, bentuk benda, ukuran benda, dan permukaan benda.
 - Benda yang permukaannya licin lebih gampang bergerak.
 - Bola gampang bergerak lantaran bentuknya bulat.
 - Gerak benda dimanfaatkan untuk memudahkan perjuangan atau pekerjaan.
 
- Kebutuhan energi setiap orang tidak sama. Kebutuhan energi tergantung usia, jenis kelamin, dan acara atau kegiatan yang dilakukan.
 - Energi mempunyai majemuk bentuk. Misalnya: energi gerak, energi otot, energi kimia, energi panas, energi cahaya, energi listrik, dan energi bunyi.
 - Uap merupakan salah satu bentuk energi. Energi yang dihasilkan disebut energi uap.
 - Sumber-sumber energi contohnya makanan, sinar matahari, materi bakar, listrik, angin, air, kayu bakar, dan kerikil baterai.
 - Kita harus ekonomis memakai energi. Karena sumber energi kita terbatas.
 - Menghemat energi listrik sanggup dilakukan dengan cara:
 - menggunakan lampu redup ketika mulai tidur, mematikan lampu jikalau tidak dipakai, mematikan televisi ketika tidak ditonton, dan segera mematikan lampu listrik ketika hari mulai pagi.
 
- Bumi merupakan satu-satunya planet yang sanggup ditempati manusia.
 - Permukaan bumi tidak rata.
 - Permukaan bumi terdiri atas daratan dan lautan.
 - Daratan yaitu serpihan permukaan bumi yang lebih tinggi dari permukaan air laut.
 - Benua yaitu daratan yang sangat luas.
 - Pulau yaitu daratan yang lebih sempit dari benua. Gugusan pulau disebut kepulauan.
 - Samudera yaitu maritim yang sangat dalam dan luas.
 - Selat yaitu maritim sempit yang dibatasi oleh dua daratan.
 - Palung yaitu dasar maritim yang curam dan dalam.
 - Laut yang menjorok ke darat disebut teluk.
 - Daratan yang menjorok ke maritim disebut tanjung atau semenanjung.
 - Bentuk bumi yaitu lingkaran pepat menyerupai bola.
 
- Cuaca yaitu keadaan udara di suatu kawasan pada jangka waktu tertentu.
 - Meramal cuaca dengan cara mengamati unsur-unsur cuaca. Unsur-unsur cuaca yaitu suhu udara, tekanan udara, kelembapan udara, curah hujan, keadaan awan, dan keadaan angin.
 - Ramalan cuaca bermanfaat bagi petani, nelayan, dan kemudian lintas udara (penerbangan).
 - Cuaca mensugesti kegiatan manusia. Juga mensugesti pakaian yang dikenakan.
 
- Manusia memanfaatkan sumber daya alam.
 - Sumber daya alam meliputi:
 - sumber daya alam hewani,
 - sumber daya alam nabati (tumbuhan),
 - dan sumber daya alam benda tak hidup.
 - Sumber daya alam hewani dimanfaatkan untuk:
 - bahan pangan,
 - bahan pakaian,
 - penghasil materi kerajinan,
 - ddan dimanfaatkan tenaganya.
 - Sumber daya alam nabati (tumbuhan) dimanfaatkan untuk:
 - bahan pangan,
 - bahan pakaian,
 - bahan bangunan,
 - bahan pembuatan perabotan rumah tangga,
 - penghasil oksigen.
 - Sumber daya alam benda tak hidup meliputi:: air, materi tambang, batuan dan sebagainya.
 - Sumber daya alam terbatas jumlahnya.Karena itu pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti dengan perjuangan pelestariannya.
 
Lihat juga : Buku Pelajaran SD Kelas 3 Kurikulum KTSP 2006 LengkapSemoga ringkasan materi IPA SD/MI kelas 3 lengkap menurut kurikulum KTSP 2006 sanggup menawarkan manfaat yang baik dalam dunia pendidikan. Baca juga : Rangkuman PKn Kelas 3 SD/MI. Terima Kasih

0 Response to "Rangkuman Bahan Pelajaran Ipa Sd/Mi Kelas 3 Semester 1 Dan 2"
Post a Comment